Warsianto dan Rokok Mild

Warsianto dan Rokok Mild

Rokok mild yang beredar di pasaran rokok Indonesia merupakan salah satu pendobrak rokok LTLN (Low Tar Low Nicotine) yang hingga saat ini banyak disukai oleh perokok muda. Keberadaan rokok mild merupakan sebuah riset panjang tentang selera masa depan penikmat rokok yang paling berhasil dari pabrikan rokok. 

Kreator Mild Dari Semarang

Kreator rokok mild itu bernama Muhammad Warsianto. Lelaki  kelahiran Semarang, 18 Oktober 1955, ini pernah kuliah di Jurusan Teknologi dan Mekanisme Pertanian di IPB (1975-1979.

Warsianto merupakan otak lahirnya beberapa rokok mild di Indonesia sepeti A Mild, Star Mild, dan Class Mild.

Usai lulus dari IPB, Warsianto mengikuti management trainee BAT (British American Tobacco) di Bali untuk bercocok tanam tembakau. Tugasnya membina petani tembakau di sana. Selain itu, ia juga bertugas sebagai Buying Officer. 

Keahliannya meracik tembakau diperoleh Warsianto saat ditugaskan sebagai tobacco blender. 

Dua tahun kemudian ia dipindahkan ke Jakarta sebagai Product Depelopment Manager yg bertugas mengawasi proses peracikan juga pengembangan produk secara luas.

Direkrut Putra Sampoerna

Pada tahun 1988, Putera Sampoerna baru saja kembali dari Amerika dan membutuhkan orang yang berpengalaman dibidang peracikan dan pengembangan produk tembakau. Bertepatan dengan itu pula kontrak kerja Warsianto dengan BAT mulai habis. 

Setelah berkarir di BAT selama 9 tahun, Warsianto kemudian hengkang ke Sampoerna. Ia menjabat sebagai Head of New Product Development di PT HM Sampoerna. Usianya saat itu masih 33 tahun. Dari tangannya inilah kemudian lahir rokok kretek LTLN A Mild yang kemudian menguasai pasar rokok rendah tar dan nikotin. 

Beberapa tahun kemudian ia berpindah lagi ke perusahaan rokok Nojorono kemudian melahirkan Clas Mild. Dan beberapa tahun yang lalu, Warsianto juga melahirkan produk baru dari Wismilak bernama Diplomat Evo. 

Nama Warsianto dikenal dikalangan pengusaha-pengusaha rokok. Karena Warsianto merupakan kreator rokok mild yang lahir dari  beberapa perusahaan rokok kenamaan. Seperti, PT BAT, PT Bentoel, PT HM Sampoerna, PT Nojorono, dan PT Wismilak Inti Makmur.

Beberapa jenis rokok mild karyanya hingga kini masih laku dipasaran, di antaranya Sampoerna Mild, Star Mild, Class Mild, dan Diplomat Evo.

Jadi, jika sampai saat ini rokokmu adalah rokok mild diantara merek-merek rokok yang Roki sebutkan di atas tadi, itu adalah hasil kreasi dari Muhammad Warsianto dari Semarang.

Tetap semangat. 

Salam sebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *