Asbak Bungkus Rokok, Solusi Ketika Berada di Luar

Suatu kali, Roki sedang bepergian ke luar kota. Lantas, dalam perjalanan, singgah sejenak di pos ronda. Istirahat kemudian mengeluarkan sebatang rokok. Kok, ya, kebetulan tinggal satu saja. Saat membakar rokok, Roki lupa bahwa tak ada asbak. Beruntung, Roki tak kehilangan ide. Bungkus rokok tersebut, Roki siasati menjadi asbak.

Cerita di atas barangkali sering kamu temukan di situsweb, warung kopi, atau kedai makan. Roki tak sendiri. Di luar sana banyak perokok yang mengalami kendala serupa. Bawa rokok, tapi tak mungkin juga bawa asbak. Jika masih ada bungkus rokok, hal tersebut bisa digunakan dan dibuat ala kadarnya.

Asbak dari Bungkus Rokok

Banyak perokok tidak menyadari bahwa bungkus rokok sebenarnya bisa dibuat asbak. Akan tetapi, mereka lebih suka membuang abu di sembarang tempat. Barangkali, mereka berpikir, toh abunya bisa terbang ke mana-mana.

Cara berpikirnya itu yang keliru. Seharusnya abu rokok, ya, dibuang ke tempat semestinya. Cara berpikir yang instan dan praktis itulah pada akhirnya membikin stigma negatif kepada perokok.

Padahal, untuk membuang asbak dari bungkus rokok itu mudah. Kamu cukup membuka tutupnya, ambil aluminium foil atau gerenjengnya. Selesai sudah.

Namun, jika ingin lebih estetik, pisahkan bagian atas dengan bawah. Buka bagian depan, lalu sobek perlahan. Maka, terbentuklah kotak sederhana. Cara demikian tidak sampai lima menit. Cukup tiga menit saja.

Ketika mengetahui cara di atas, seharusnya kamu bisa mempraktekkannya. Selain itu, kamu bisa memberikan informasi ke teman-temanmu. Jadi, ketika mereka bepergian, tak perlu tergesa-gesa untuk membuang bungkus rokok.

Dengan demikian, kamu termasuk salah satu perokok santun. Selalu mengedukasi perokok bahwa puntung rokok dibuang ke tempatnya. Juga, abunya jangan sampai berserakan di jalan. Apalagi di karpet, susah hilangnya kecuali dicuci.

Tidak henti-hentinya, Roki mengingatkan kamu semua untuk terus menjadi perokok santun. Andaikan kamu sedang berada di luar rumah atau kantor, kemudian merokok, lihat sekelilingmu. Adakah anak kecil atau perempuan hamil. Jika ada, lebih baik menyingkir.

Dan, ketika kamu merokok, lihat pula adakah tempat sampah. Jika tidak, bungkus rokok menjadi alternatif sebagai asbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.