Marlboro Advance: Kretek yang Kurang Berkretek

Rasa penasaran Roki terjawab. Setelah beredar di iklan televisi dan aneka spanduk di sudut-sudut jalan, akhirnya Marlboro Advance benar-benar hadir. Namun, untuk mendapatkannya, mulanya sedikit sulit. Apalagi ketika Roki berkata, β€œMas/Mbak, ada Marlboro Advance?” Eh, mereka kebingungan.

Begitu Roki mengatakan Marlboro merah kecil, nah, si pramuniaga tersebut paham. Oh, iya, saat itu Roki mendapatkannya di sebuah gerai ritel.

Boleh dibilang ini new Marlboro. Sebab, jika biasanya SPM, kali ini menyasar ke SKM. Namun, kasak-kusuk yang beredar, Marlboro Advance hanyalah SKM gimmick. Maksudnya, di bungkus bertuliskan SKM, tapi di rasa ternyata SPM.

Benarkah demikian?

Untuk menuntaskan rasa penasaran, simak ulasan Roki. Mulai dari bungkus, rasa, hingga harga.

Bungkus Rokok Marlboro Advance

Secara umum, bungkus rokoknya terbagi menjadi tiga warna yaitu merah, putih, dan abu-abu. Baik bagian depan maupun belakang tidak ada perbedaan.

Ada logo Phillip Morris di latar merah. Lalu, ada tulisan Marlboro dan 12’s. Angka tersebut menandakan jumlah isi batang rokok ini. Di bawahnya ada tulisan Advance dengan huruf kapital.

Jika tulisan Marlboro berwarna abu-abu, Advance berwarna merah. Di bawah Advance ada garis horizontal yang juga berwarna merah. Sedangkan paling bawah terdapat tulisan β€œ12 Cigarettes”.

Sama seperti rokok Marlboro pada umumnya, terdapat triangle. Bedanya, di triangle Marlboro Advance terdapat garis-garis tipis berwarna abu-abu.

Di bagian kiri hanya terdapat informasi nikotin dan tar. Yaitu, 13 mg tar dan 1,3 mg nikotin. Sedangkan bagian kanan terdapat barcode, larangan menjual rokok, dan logo SKM.

Untuk bagian atap, terdapat tulisan Marlboro 12’s, Advance, dan garis horizontal. Perbedaan dengan bagian depan atau belakang, tulisan Advance dan garis horizontal berwarna putih.

Di bagian dasar, terdapat kode produksi, tempat produksi yaitu PT HM. Sampoerna Tbk, Surabaya-Indonesia. Juga, tak ketinggalan tulisan Marlboro 12’s Advance.

Jika disuruh menilai, antara angka 1-10, nilainya adalah 9. Sebab, bungkus rokok Marlboro Advance memang bagus.

Saat membuka bungkusnya, ada QR Code yang jika dibuka, mengarah ke pikar.id. Ada bermacam-macam informasi, dan jika kamu login, diminta register sembari unggah foto KTP.

Di samping QR Code terdapat tulisan taste of progress. Barangkali, Marlboro Advance ingin menunjukkan ada kemajuan dan sesuatu yang berbeda dibandingkan Marlboro sebelumnya.

Jika kamu ada keluhan atau saran tentang rokok ini, cobalah lihat bagian dalam atap rokok ini. Ada surel suara.konsumen@sampoerna.com.

Rasa dan Harga Marlboro Advance

Dengan isi dua belas batang, susunan rokok ini adalah enam di depan dan enam di belakang. Saat mengambil sebatang rokok, papir terlihat dengan jelas berwarna putih, dan agak sedikit pucat. Kemudian, ada tulisan Marlboro Advance di antara tipping papirnya.

Lalu, bagaimana dengan rasanya? Apakah kasak-kusuk itu benar?

Dan tentu saja, benar. Roki bilang ini menyerupai kretek. Kalo boleh jujur, inilah SKM kamuflase. Rasa cengkeh sangat tipis bahkan dibilang tidak ada (bagi sebagian perokok). Ada rasa manis namun halus.

Tarikan cukup mantap meskipun lagi-lagi sebagian perokok merasa ini agak aneh. Mungkin karena percobaan dari Marlboro sehingga memunculkan rasa yang berbeda.

Dengan durasi isap 13-14 menit, rokok ini cocok buat menemani kamu kerja. Harganya pun boleh dibilang terjangkau. Rp17.500 dengan isi dua belas batang. Marlboro Advance termasuk golongan I SKM. Cukai per batangnya Rp740.

Sekali lagi, kalo kamu ingin merasakan sensasi baru dari Marlboro, coba saja Marlboro Advance. Akan tetapi, ya, itu, jangan terlalu mengharapkan kretek benar-benar hadir di Marlboro Advance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *