Efektifkah Bungkus Rokok dengan Gambar Seram?

Bungkus Rokok

Roki tidak mengerti apa alasan pemerintah memberikan gambar seram di bungkus rokok. Apakah benar-benar digunakan untuk mengendalikan jumlah perokok di Indonesia? Atau sebagai peringatan bahwa rokok adalah benda berbahaya?

Pasalnya, hingga saat ini, jumlah perokok dari tahun ke tahun justru semakin bertambah. Maka, sebenarnya bungkus rokok yang ada gambar atau foto menakutkan itu tidak begitu memberikan efek buruk bagi perokok.

Seharusnya pemerintah sadar bahwa kekhawatiran perokok adalah hilangnya korek atau jumlah rokok yang tiba-tiba berkurang. Khusus yang terakhir, biasa terjadi saat nongkrong dengan teman-teman.

Bungkus Rokok Seram

Perjalanan gambar seram di bungkus rokok bermula dari tuntutan dinas kesehatan yang ingin mengurangi jumlah perokok. Setelah berliku jalan terjal, akhirnya disepakati pada tahun 2014 peraturan tersebut diberlakukan.

Akan tetapi, rupanya masih ada yang tidak puas dengan keberadaan gambar seram. Dari dinas yang sama mengatakan bahwa seharusnya gambar lebih seram.

Hal itu terwujud pada tahun 2018. 3 dari 5 gambar seram diganti dengan tenggorokan berlubang, bibir pecah-pecah, dan gigi berlubang. Lalu, apakah itu efektif bagi perokok?

Tentu saja tidak. Jawaban tersebut di luar prediksi pengampu kebijakan. Mereka berharap dengan hadirnya gambar seram di bungkus rokok bisa membuat perokok menghentikan aktivitasnya.

Iya, sih. Mereka berhenti, tapi jika rokok udah habis dan tidak ada stok lagi. Sesuatu yang tanpa disuruh atau diwajibkan pun pasti berhenti.

Maka, sebenarnya bungkus rokok yang memiliki gambar seram tidaklah efektif mencegah perokok. Toh, ya perokok tetap melakukan aktivitasnya. Lagi pula apa urusannya gambar seram dengan merokok.

Alangkah lebih baiknya mengedukasi anak-anak yang terpapar rokok dengan cara elegan. Misalkan mengajak anak-anak untuk memahami bahwa merokok itu boleh ketika sudah memasuki usia 17 tahun.

Jika belum melewatinya, ujaran serius perlu dialamatkan kepada mereka. Edukasi yang lain adalah memberi peringatan kepada perempuan hamil agar tidak merokok. Ini penting bagi kesehatan tubuh perempuan.

Bungkus rokok dari tahun ke tahun selalu mengalami pergantian rupa. Ada makna yang tersirat dan ada harapan yang terus diimpikan. Misal, rokok untuk pria dewasa. Harapannya, rokok tersebut menjadi ciri pria dewasa.

Jadi, bungkus rokok mana yang kamu suka koleksi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.