Review Rokok Surya Exclusive: Ada Manis, Fruity, dan juga Spicy

Salah satu rokok yang menjadi primadona di kalangan perokok adalah Surya Exclusive. Jika melihat sepintas, Surya Exclusive cukup berbeda dibandingkan dengan Surya Regular. Mulai dari tampilan warna hingga pilihan huruf lebih elegan dan dewasa. Namun, bagaimana dengan kemasan, rasa, hingga harga?

 

Kemasan Surya Exclusive

Secara tampilan warna, Surya Exclusive didominasi dengan warna hitam. Di bagian depan terdapat tulisan Surya dengan cara tegak bersambung. Berbeda dengan tulisan exclusive, tidak bersambung melainkan seperti pada umumnya, tegak saja. Namun, penulisannya menggunakan huruf kapital. Di bawahnya ada logo Gudang Garam dengan tulisan tersebut yang agak samar. Untuk paling bawah terdapat angka 16 yang menandakan isi batang rokok, dan Surya Exclusive termasuk rokok kretek filter. 

Di bagian kanan terdapat cukai rokok. Berarti rokok ini adalah legal dan layak dikonsumsi oleh perokok. Kemudian, sebagaimana mestinya, terdapat larangan merokok bagi ibu hamil maupun anak-anak berusia di bawah 18 tahun. Selain itu, terdapat informasi mengenai tar dan nikotin. Yaitu, 31 MG untuk tar dan 2,2 MG untuk nikotin. 

Di bagian kiri terdapat gambar orang membuang sampah pada tempatnya. Maksudnya adalah buanglah bungkus rokok, tentu saja setelah dipakai, pada tempatnya. Ada pula barcode dan tiga huruf kecil bertuliskan SKM. Ya, rokok ini tergolong SKM Full Flavor.

Untuk bagian atas dan bawah, agak berbeda. Jika di atas hanya terdapat tulisan Surya, sedangkan di bawah ada tulisan mengenai di mana rokok ini diproduksi. Yaitu, PT. Gudang Garam Tbk. Kediri, Indonesia. 

 

Rasa dan Harga

Jika tadi mengulas kemasan, saatnya memasuki rasa dan harga. Untuk soal rasa, jika sebelum dibakar, ada sensasi fruity dan manis. Sama-sama kuat. Namun, saat dibakar, ada spicy yang lebih lembut dibandingkan dengan Surya 16. Juga, ada rasa berry dan sedikit leci di Surya Exclusive. Cukup menarik. 

Dengan ukuran long-size, rokok ini bisa dihisap hingga tandas dengan memakan waktu antara 15-17 menit. Cukup pas dinikmati dengan segelas kopi. Untuk harga, tentu saja lebih mahal dibandingkan Surya 16. Namun, masih tetap terjangkau sebelum Februari 2021 nanti. Ya, karena cukai rokok naik. Untuk saat ini, kamu cukup merogoh kocek Rp22.500,0.

Menarik, bukan? Selamat mencoba. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.