Review Rokok Starmild

Rokok Starmild adalah jenis rokok yang cukup populer di kelasnya. Akan tetapi belum begitu sering dijumpai banyak orang yang menghisap rokok ini. Popularitas rokok starmild masih tenggelam dibandingkan dengan beberapa merek rokok lain di kelas mild. Sebenarnya rasa rokok starmild ini tidak kalah kok dengan yang lain.

Kita mulai dari bungkusnya terlebih dahulu. Sama seperti bungkus-bungkus rokok dengan kategori mild lainnya, rokok starmild memiliki bungkus berwarna dominan putih. Berbeda dengan model bungkus starmild yang terdahulu, kalau bungkus rokok starmild yang terbaru ini memiliki gambar bintang yang lebih besar. Gambar bintangnya berwarna hitam dengan outline bernama silver. Font starmild yang tertera di bungkus pun ikut berbeda dari edisi sebelumnya. Kali ini memiliki tulisan star yang agak tebal dan mild dengan font yang tipis.

Akan tetapi di bagian belakang bungkus rokok akan kita temukan gambar bintang yang lebih kecil. Di bawah gambar bintang kecil itu kita temukan tulisan berbahasa inggris yang kira-kira artinya seperti ini: kombinasi seimbang antara tembakau dan cengkeh keuinkan starmild, pengalaman merokok yang halus dari setiap hisapannya.

Seperti biasa ada gambar seram di bagian depan dan belakang bungkus rokok. Ada juga peringatan dilarang menjual atau memberikan rokok kepada anak. Logo buanglah mantan, eh maksudnya sampah pada tempatnya juga ada. Barcode, tulisan starmild dengan bentuk yang sama seperti di depan dan belakang bungkus. Dan ada penjelasan kandungan tar dan nikotin pada rokok starmild, yaitu 12 miligram tar dan nikotin 1,0 miligram.

Nih, yang menarik dari rokok starmild terdapat pada kemasan di dalamnya. Kertas pembungkus di dalam rokok ini berwarna biru dengan motif tulisan starmild yang mengelilinginya. Lalu di bagian batang rokok ini juga terdapat tulian starmild di bagian filternya. Desainnya cukup elegan dan kesannya anak muda banget.

Rokok starmild ini bisa dikatakan sebagai salah satu rokok mild tua di Indonesia. Kami menemukan fakta bahwa rokok ini pertama kali diluncurkan ke publik pada 1 Desember 1996. Dengan demikian, rokok starmild sudah berumur 24 tahun. Ibarat manusia, rokok ini pasti sudah lulus kuliah dan masuk dunia kerja. Ada sejarah panjang juga dari rokok ini yaitu dulunya dibuat oleh PT Lestari Putra Wirasejati, kini diproduksi oleh PT Suburaman yang juga merupakan anak perusahaan Bentoel Group.

Dulu rokok starmild identik dengan embel-embel Losta Masta di belakangnya, entah sekarang, masih ada atau tidak, kalian cek saja sendiri pada bungkus rokok Starmild. Lalu, rokok starmild juga punya slogan yang duluu sangat terkenal yaitu “Bikin Hidup Lebih Hidup”. Hayo yang sudah umur 30 tahunan ke atas pasti masih ingat betul dengan slogan ini. Asyik banget deh pokonya jaman itu, masih ada banyak slogan di bungkus rokok yang keren-keren.

Sebenarnya starmild punya beberapan varian yaitu Starmild 12, Starmild 16, Starmild Cool Menthol, sama Starmild tritek. Tapi yang kami ulas kali ini adalah starmiild 16 alias berisikan 16 batang rokok. Rokok starmild ini masuk dalam kelompok sigaret kretek mesin dengan cukai golongan dua. Harga perbungkus dari rokok ini di kisaran 21 hingga 23 ribu rupiah. Mungkin, bisa jadi alasan kenapa rokok ini masih kalah saing karena harga segitu perokok lebih banyak yang memilih merek lain.

Soal rasa yang dihasilkan sangatlah smooth. Tarikannya yang tetap enteng dan bikin tenggorokan kalian nyaman. Maklum lah, kadar tar pada rokok ini hanya 12 mg. Dari segi rasa menggambarkan karakter tembakau virginia yang lembut, tidak terlalu manis. Cukup spicy di lidah, spicynya jelas karena ada campuran cengkeh di dalamnya. Jadi setidaknya sangatlah sesuai dengan tulisan berbahasa inggris pada bungkus rokoknya. Terasa balance cita rasa tembakau dan cengkehnya. Maka cocoklah Starmild berhasil menjadi rokok kategori mild yang seutuhnya karena memberikan rasa yang imbang, manis, dan entang dalam tarikan hisapannya.

Durasi hisapan rokok starmild juga tergolong cepat. Ya, namanya juga masuk dalam kategori mild. Pasti gak ada yang lama banget. Memakan waktu kurang lebih 10-11 menit untuk menghabiskan sebatang rokok ini.

Seharusnya tidak ada masalah yang sulit bagi rokok starmild untuk bersaing dengan kompetitornya jika merujuk pada soal rasa. Enak-enak aja kok. Mungkin faktor promosinya saja yang kurang gencar. Padahal kalau kalian cermat, masih ditemukan banyak festival musik yang disponsori oleh starmild. Bahkan sampai melekat pada kaset dan cd kompilasi.

Namun sekarang kenapa kurang begitu terdengar tentang rokok ini? Soal bungkus, ini soal selera ya, kami lebih suka bungkus yang model lama. Ya mungkin karena soal kenangan ya. Kalau bungkus yang baru kesannya lebih cenderung futuristik. Tapi cukup aman sih, sebagai sebuah desain rokok, pokonya selagi tidak ada cacat kemasan.

Peredaran rokok starmild gak gampang ditemuin, tapi gak sulit juga buat dicari. Mungkin ya karena faktor itu jadi banyak penikmat starmild yang berpindah ke merek rokok lain. Harusnya, Bentoel Grup bisa lebih serius lagi dengan rokok ini. Soalnya, rokok ini udah punya nama apalagi masuk dalam salah satu rokok top di Bentoel Grup. Tapi entahlah lagi-lagi soal kebijakan pabrik yang belum dapat kita ketahui bersama.

Kesimpulannya. Kami memberi nilai positif pada rokok ini terkait rasanya. Harganya juga terjangkau, bisa jadi opsi buat kalian yang lagi bosen sama satu merek rokok tertentu. Ngisap rokok ini cukup bikin nyaman kok. Tapi kalau diijadiin rokok reguler yang dihisap kayaknya agak sulit. Lagi tengah malam kehabisan rokok terus nyari rokok ini di warung-warung pasti bakal sulit. Ya, karena SKM dengan cukai golongan dua serta pada rokok starmild yang cukup jarang ditemukan di banyak daerah. Kayaknya kalau di beberapa daerah di pulau jawa masih aman deh. Kalau emang ketemu, silahkan coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.