https://www.flickr.com/photos/130075348@N08/29583462470/in/photolist-M5bYHL-Tvo1tV-SwpRB9-22TdAcr-26ekbVT-28wXp51-22dqB6o-2d1ss6M-2bwJKRw-TjGiEw-Tp83cJ-2bPHGbp-pgtaBX-HX3EKa-21HWDg5-2fJ7vMs-KXXQTA-TztuMC-KivAdT-2i5toFQ-2ffbXDg-22yURgQ-282sB27-23KaZxp-29bz1Si-2i5r7sU-25n7V83-26JtBzb-Hj81wo-PWyEkf-27pFtvC-255wD5S-29pmHLk-25YwSgv-26dhPVn-2313cQJ-PWz6zd-EKKKBu-J5AZhL-24eq9Jm-QavZNb-TzDG9d-Q1ek4m-Qaxz2J-RcX3H1-25vhRre-22BFTpV-21gHegZ-CYsuLi-21wUA1w

Review Rokok Gudang Garam Filter

Gudang Garam Filter! Satu merek rokok yang sangat terkenal. Penikmatnya pun terkenal sangat loyal dan fanatis.

Rasa rokok ini punya karakter kuat. Sebetulnya kalian sudah banyak yang tahu. Rokok Gudang Garam Filter ini punya citarasa pedas yang khas. Tentu sebagai sebuah kretek, sensasi pedasnya bisa didapatkan dari unsur cengkeh dan campuran saus di dalamnyya. Jika kita resapi hisapannya, rasa pedas diselimuti dengan unsur buah-buahan, tepatnya rasa berry, nangka, dan leci.

Bisa dibilang pedasnya rokok Gudang Garam Filter ini jadi karakter yang unik ketimbang rokok-rokok lainnya. Sulit bagi rokok-rokok lain apalagi yang bukan pabrikan asal Jawa Timur untuk menyamai rokok ini. Secara memang jadi representasi mazhab rasa jawa timuran.

Tapi apakah benar bahwa hanya ada rasa pedas di rokok Gudang garam filter? Nampaknya tidak demikian. Jika dihayati, maka kita akan menemukan sedikit rasa manis. Walau pun sebenarnya rasa manisnya agak tenggelam. Di sisi lain, tarikan rokok gudang garam filter ini justru cenderung keras dan menendang. Walau demikian sebenarnya tenggorokan kalian akan tetap cukup nyaman menerima sensasi yang menendang tersebut.

Durasi hisap rokok gudang garam filter ini sekitar 12-13 menit di waktu normal. Dari awal hingga akhir tarikan citarasanya masih konsisten. Sedangkan ketebalan asapnya tergolong tebal meski tidak setebal vape ya.

Selesai membahas rasa mari kita mengulik-ngulik soal bungkus rokok ini. Sama seperti Surya, sebenarnya gudang garam filter ini juga punya model bungkus yang khas. Ada paduan warna merah dan emas yang meliputi bungkus rokok ini.

Orang juga akan langsung mengenal dari bungkusnya bahwa ini adalah rokok gudang garam filter. Ya, memang produk ini sudah dikenal bertahun-tahun. Gudang Garam mengeluarkan produk ini saja sejak 1979 silam. Merek ini bisa dikatakan jadi salah satu produk SKM full flavor unggulan dari pabrikan asal kediri tersebut. Karena jadi unggulan maka produk ini selalu dipertahankan oleh gudang garam. Ya bukan hanya karena unggulan dari segitu itu saja, merek ini pun jadi penyumbang keuntungan yang besar untuk pabrikan rokok gudang garam.

Merek ini juga punya penamaan yang berbeda-beda di setiap daerah. Banyak yang menamainya filter tetapi ada juga yang menyebutnya garpit. Kalau di daerah Sumatera ada yang menyebutnya GG. Entah, kami kurang begitu paham mengapa rokok ini familiar disebut dengan filter. Mungkin karena ada tulisan filter kretek cigarettes yang tersemat di bungkus rokok ini. Tapi sebenarnya nama brand ini adalah Gudang Garam International.

Nah di bagian belakang bungkus Gudang garam Filter ini tersemat tulisan panjang berbahasa inggris. Kira-kira kalau diartikan seperti ini: “Gudang garam internasional dibuat untuk mencerminkan kepribadian pria sejati yang menghargai seni merokok yang sesungguhnya. Pilihan dari ahli tembakau dan cengkeh berkualitas tinggi, yang disampaikan melalui teknologi terkemuka di dunia, menjamin kalian bakal kenikmatan merokok sesungguhnya dari warisan legendaris kretek Indonesia.”

Maka kemudian wajar kalau gudang garam filter ini bertajuk “pria punya selera.” Ya dari tulisan bahasa inggris panjang tadi saja rokok ini dibuat untuk mencerminkan kepribadian sejati. Tapi apakah perempuan juga bisa ngerokok ini? Ya tentu bisa banget dong. Di setiap tongkrongan kadang ada perempuan yang dengan santai ngerokok merek ini.

Karena masuk dalam kategori premiumnya gudang garam, rokok merek ini masuk dalam kategori sigaret kretek mesin dengan golongan cukai termahal. Harga pasarannya sekitar 19 sampai 20 ribu rupiah untuk satu bungkusnya berisikan 12 batang. Apakah worth it? Ya tentu saja, mengingat rasanya yang memang khas dan melegenda.

Sudah barang pasti rokok ini mudah ditemui di mana-mana. Tapi nampaknya kalau dicari di luar negeri masih susah sih. Kecuali di Malaysia yang masih sering dijual oleh teman-teman kita asal Indonesia yang bekerja di sana.

Lagi-lagi citarasa rokok ini soal selera mulut dan lidah kita. Ada yang menyebut bahwa rokok ini manis, ada juga yang pedas. Ada yang bilang tarikannya nendang ada yang juga malah sebaliknya. Tak masalah asal tetap menghargai selera perokok lainnya. Serta tetap menjaga ketertiban saat merokok, tetap patuhi aturan yang berlaku dengan tidak merokok sembarangan.

Terakhir yang terpenting buat kalian yang masih belum layak umur untuk merokok, jangan merokok dulu ya. Awas kalau bandel!

Leave a Reply

Your email address will not be published.