https://www.flickr.com/photos/130075348@N08/29400856630/in/photolist-QijBkz-2apk9WL-2aZPzMP-2brR3Da-29U3sWw-2cED2fT-2d1tryH-QmmVnL-TjGwRb-2cdZNi5-RLYALH-MpeQ6H-2enYn4u-2dCUo1e-QP3AMc-PSLQkF-QrQ4Uv-29Zru3t-2f2F3hg-SravSf-SMjoqJ-2fatetS-WQGE6F-2b9uaJw-28R2iuU-2daKcRr-2bHdNM5-2a4Xw55-QGKdCy-2au2jNX-2g48P3c-LN45nd

Review Rokok Diplomat

Kali ini kami mau membahas tentang rokok dari Surabaya. Yaps, Rokok Diplomat dari Kota Pahlawan. Rokok Diplomat merupakan produk unggulan dari PT Gelora Djaja Surabaya yang masih bagian dari Wismilak Group.

Rokok Diplomat punya dua tipe jumlah rokok, ada yang isi 12 dan 16 batang. Secara rasa sama aja kok, yang beda cuman kuantitasnya ajah. Kita awali pembahasan dari kemasan bungkusnya. Menurut kami, rokok diplomat terbilang lumayan bagus secara bungkusnya. Didominasi warna hitam dan tulisan diplomat berwarna emas. Yang bikin keren di bungkus diplomat ini terdapat motif di seluruh bagian bungkus.

Di bagian depan terpampang tulisan diplomat dengan warna emas dan garis warna merah di bawahnya. Nah, di bagian tulisan diplomat dan garis merah ini pola di backgroundnya di bikin polos alias tanpa motif. Tapi ada satu yang unik banget. Ada tulisan wismilak dan logonya yang melintasi antara bagian yang bermotif dan yang tidak. Tulisan dan logonya berwarna hitam, timbul di antara bagian itu. Kami yakin, pasti ada maksud filosofisnya tersendiri. Masih di bagian depan. Di bawah tulisan diplomat terdapat tulisan A Wismilak premium blend dengan logo dua garis di atasnya dan sama-sama berwarna emas.

Bagian belakang bungkus rokok diplomat juga hampir sama seperti di depan. Ada juga logo dua garis berwarna emas tapi bedanya adalah di bagian bawah terdapat tulisan berbahasa inggris. Kira-kira artinya begini. “Kualitas tembakau nomor satu dari wismilak yang diproduksi dengan rasa sempurna. Menawarkan kebanggaan dan kepuasan dalam merokok.” Di atas dan bawah rokok ini ada tulisan diplomat berwarna emas dan garis merah. Tapi di bagian bawah ada tulisan PT. Gelora Djaja Surabaya. Kenapa ya, di Surabaya banyak banget kata gelora? Gelora 10 November? Gelora Bung Tomo? Memang kota ini selalu menggelora. Iya ga cuk?

Di samping kanan dan kiri bungkus rokok diplomat masih sama seperti rokok lainnya. Ada imbauan pemerintah, barcode, dan kandungan di dalam rokok. Rokok Diplomat memiliki kandungan 35 miligram tar dan 1,7 miligram nikotin. Rokok ini masuk dalam kategori sigaret kretek mesin golongan satu. Satu bungkus Diplomat isi 12 dihargai sekitar 17 ribu rupiah. Sedangkan untuk yang isi 16 dihargai  sekitar 22 hingga 23 ribu rupiah.

Diplomat adalah rokok dengan banyak keunikan. Bungkusnya mewah, begitu juga dengan rokoknya. Punya motif batang rokok yang keren. Di bagian papir kertasnya ada motif yang tidak biasa. Ada motif kotak-kotak yang menyelimuti hampir seluruh bagian rokok, hanya di bagian filter yang tidak. Ada juga tulisan diplomat berwarna merah di dekat filter. Di bagian filter pun di bikin dengan sangat rapih. Ada dua garis merah tipis yang mengapit satu garis tebal filter. Sulit rasanya kita jumpai rokok yang menggunakan motif bergaris-garis. Mungkin hanya Diplomat, tidak ada yang lain.

Secara rasa, sensasi tarikan pertama rokok diplomat bernuansa pedas. Setelah itu disusul dengan rasa manis. Namun berbeda kiranya, rasa manis yang dihasilkan tidak begitu manis seperti rokok-rokok dari Kudus. Rasa manisnya bisa dibilang sangat pas dengan sensasi manis fruity fermented di tenggorokan.

Penggunaan cengkeh Manado yang menjadi ciri khas Wismilak menimbulkan aroma yang sangat harum. Rasa pedas yang dihasilkan cukup intens. Rasa pedas ini sebenarnya relatif, bikin gampang disuka sama orang atau dibenci. Kalau yang baru mau coba rokok ini pertama kali, siap-siap asapnya langsung nendang di tenggorokan. Ya mungkin karena kadar Tar yang cukup tinggi yaitu 35 miligram. Butuh orientasi untuk bisa menghisap rokok ini secara regular.

Durasi merokok Diplomat ini cukup lama, yaitu sekitar 15 menit dalam kondisi normal. Tergolong cukup lama ya. Aroma rokok diplomat ini cukup harum. Tetapi, perihal wangi, rokok diplomat ini belum tentu bisa disukai oleh semua orang. Seperti rasanya saja, ada yang bakal suka dan ada yang engga.

Jika dibedah dari isi batang rokok, maka kita akan menemukan rajangan dengan tingkat kehalusan yang medium, dan wanginya yang luar biasa.

Soal harga? rokok ini ga bisa dikatakan murah, mengingat dia masuk dalam SKM golongan pertama. Sebenarnya penyebaran Rokok Diplomat ini cukup luas. Tetapi masih sulit untuk ditemukan mengingat penggemarnya yang mungkin tidak terlalu banyak. Masih agak sulit kalau cari di warung-warung biasa. Kalau di supermarket atap kombini store mungkin banyak tersedia.

Menurut kami, pada desain rokok diplomat bungkusnya betul-betul sangat premium. Padahal Wismilak punya jenis rokok premium lain, seperti Wismilak Special yang bungkusnya kurang begitu spesial.

Memang sudah sepantasnya rokok Diplomat ini dibanderol mahal. Sebab, impresi yang bikin mahal itu terletak dari bungkusnya. Sehingga cocoklah buat kalian yang suka bergaya pake taksido dan naik mobil mewah, bawanya sudah pasti rokok ini. Mau bergaya lain pun bisa, karena yang penting kalian sudah tau, rokok ini ciri khasnya terletak dari nama yang elegan. Diplomat.

­­­

Leave a Reply

Your email address will not be published.