bungkus rokok

Cara Membedakan Pita Cukai Rokok Asli dan Palsu

Negara ini menerima pemasukan cukup besar dari rokok. Sumbangsih cukai rokok sejak tahun 2007 hingga tahun 2017 mengalami peningkatan terus menerus. Jumlah terakhir sumbangan cukai rokok untuk kas negara sebesar 149 Triliun pada 2017 lalu. Bisa dikatakan bahwa perokok adalah penyumbang rutin kas negara tiap tahunnya. Uang dari cukai rokok itu ikut digunakan untuk membangun fasilitas untuk masyarakat.

bungkus rokok bungkus rokok

Namun ada hal yang tidak mengenakkan yang terjadi baru-baru ini, yakni muncul banyak rokok ilegal di pasaran. Rokok ilegal adalah rokok yang tak bercukai atau bercukai palsu, produk rokok ini masuk ke peredaran tanpa menyumbang kas untuk negara. 

Untuk menyiasati agar cukai rokok palsu yang beredar di daerah-daerah, tentu tak cukup hanya mengandalkan petugas, dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk ikut memerangi kehadiran rokok ilegal ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan ikut aktif mengawasi asli dan tidaknya pita cukai yang ada pada produk rokok.

cukai rokok

Lantas, bagaimana caranya membedakan cukai rokok yang asli dengan yang palsu. Divisi Penyuluhan Informasi daerah Bangka Belitung, Rohman membantu menjelaskan; ada tiga cara mendeteksi cukai rokok yang asli dengan yang palsu.

Pertama dengan menggunakan mata telanjang, kedua menggunakan kaca pembesar dan terakhir menggunakan bantuan lampu sinar ultraviolet.

Pertama, bisa dilihat dari kertas cukainya, ada tanda seratnya atau tidak.

Kedua dengan memakai kaca pembesar, dengan kaca pembesar, bisa terlihat hologram secara jelas. Pada hologram itu serat terlihat lebih jelas. Ada logo berupa bintang segi enam yang bertebaran di hologram tersebut. Tergambar juga lambang negara Republik Indonesia dan lambang Direktorat Jenderal Bea dan cukai.

Ketiga, ketika disorot menggunakan bantuan lampu sinar ultraviolet (UV) maka akan terlihat jelas tebaran serat yang berbentuk batang pendek berwarna oranye, jingga, dan biru. Itulah gambaran hologram pita cukai asli yang dilekatkan di rokok.

cukai rokok

Cara-cara tersebut dapat anda coba jika membeli rokok. Periksa betul-betul serat dan hologram dalam pita cukai rokok yang akan anda beli. Anda harus ingat baik-baik, bahwa perokok adalah salah satu warga negara Indonesia penyumbang rutin kas negara tiap tahunnya. Anda bisa membantu negara dengan membeli rokok yang mempunyai pita cukai asli. Bukan yang bajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *