bungkus rokok

Butet Kertaradjasa, Seniman Pengoleksi Bungkus Rokok

Indonesia punya banyak sekali orang yang hobi mengoleksi bungkus rokok. Dari mulai bungkus rokok klasik, bungkus rokok unik, sampai bungkus rokok dari berbagai daerah di luat negeri.

Nah, salah satu kolektor bungkus rokok yang cukup kesohor adalah Butet Kertaradjasa. Seniman yang dulu terkenal karena mengimpersonate sosok presiden ini dikenal sebagai kolektor bungkus rokok yang telaten. Tak tanggung-tanggung, koleksi bungkus rokok milik seniman satu ini bahkan telah menembus angka 4.000 bungkus rokok.

https://id.wikipedia.org/wiki/Butet_Kertaradjasa

Koleksinya bungkus rokok milik Butet ia simpan di beberapa sudut rumahnya di Yogyakarta. Sebagian besar koleksi miliknya adalah rokok-rokok dari merek yang tidak terlalu familiar bagi kebanyakan orang.

bungkus rokok

Butet sendiri sebenarnya tidak pernah berpikir untuk menjadi kolektor rokok. Awal ia mengoleksi bungkus-bungkus rokok dengan desain beragam tersebut bermula ketika ia sedang mampir ke kawasan Kediri.

Ketika mencari rokok di sana, ia menemukan merek-merek rokok unik yang tidak ia temukan kala ia berada di kota lain. Ada yang bermerek Suket Teki, Malioboro, Lodjie, Jatayu, Dahsyat, dan banyak lagi. Dari situlah akhirnya seniman yang juga sekaligus budayawan ini tertarik untuk mulai mengoleksi bungkus rokok.

https://id.wikipedia.org/wiki/Butet_Kertaradjasa

Namun sayang, belakangan diketahui bahwa Butet sudah tidak lagi aktif mengoleksi bungkus rokok seperti dulu. Kendati begitu, koleksi bungkus rokok miliknya masih tetap tertata rapi di sudut-sudut ruangan di rumahnya.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.