bungkus rokok

Berburu Rokok Tidak Terkenal di Grup Facebook Jual Beli Rokok

Selama ini, di facebook, kita mengenal adanya grup atau forum jual beli yang sering menjadi tempat bertemunya para pembeli dan pelapak dalam jual-beli sesuatu. Forum-forum jual beli ini biasanya dikelompokkan sesuai dengan wilayah atau produk yang dijual. Misal untuk forum jual antar wilayah, ada grup Jual Beli Magelang, Jogja Dol-Tinuku, Forum Jual Beli Semarangan, dan lain sebagainya. Sedangkan berdasarkan barang yang dijual, ada Forum Jual Beli Hape, Forum Properti, atau Forum Pasar Burung Online.

bungkus rokok

Nah, Jika selama ini, forum jual beli di facebook yang berdasarkan barang yang dijual biasanya adalah barang-barang semisal fashion, ternak, hape, dan sebagainya, ternyata ada juga lho forum jual beli yang khusus untuk rokok. Salah satu forum jual-beli khusus rokok yang ada di facebook adalah grup “Rokok Murah dan Ekonomis” yang beralamat di facebook.com/groups/697736563708857/

rokok

Sesuai dengan namanya, grup ini menjadi ajang pertemuan para penjual dan pembeli rokok. Jumlah member grup ini cukup banyak, per bulan oktober 2017, sudah ada lebih dari 2.500 member yang bergabung.

Nah, uniknya grup jual beli ini adalah, rokok yang ditawarkan di grup ini sebagian besar adalah rokok-rokok yang tidak terkenal. Maklum, grup online seperti ini memang menjadi salah satu cara promosi bagi produsen-produsen rokok kecil yang daya jangkau persebaran rokoknya tidak sebesar produsen rokok-rokok yang sudah mapan.

bungkus rokok

Karenanya, jangan heran jika dalam grup, akan banyak ditemukan posting-posting penawaran rokok dengan nama yang jarang kita dengar seperti Luffman, SMD, Jazz, Provost, Kujang Mas, dan masih banyak lagi.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *