bungkus rokok

Petani Tembakau Tolak Kemasan Bungkus Rokok Polos

Petani tembakau melalui Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) terus memberikan dukungan kepada Pemerintah Indonesia yang menentang kebijakan bungkus rokok polos tanpa merek (plain packaging) di Australia yang berlaku sejak 2012.

bungkus rokok

Dukungan tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Pemerintah Indonesia bersama Honduras, Republik Dominika, dan Kuba di badan sengketa World Trade Organization (WTO).

Selain konsisten memberikan dukungan terhadap pemerintah dalam proses sengketa di WTO, APTI juga melakukan berbagai upaya mencegah negara lain dalam menerapkan aturan bungkus rokok polos tanpa merek.

petani tembakau

APTI juga melayangkan surat keberatan kepada Pemerintah Taiwan pada Februari lalu, yakni terkait rencana perubahan atas Undang-Undang Pencegahan dan Pengendalian Bahaya Tembakau di Taiwan.

rokok

“Diwacanakan Taiwan akan segera menerapkan kemasan polos tanpa merek dan pelarangan terhadap rokok beraroma, termasuk rokok kretek Indonesia. Artinya akan ada diskriminasi terhadap produk rokok dari Indonesia,” terang Ketua Umum APTI Soeseno.

rokok

Tentu, diskriminasi kebijakan tersebut berimplikasi ekonomi bagi Indonesia yang notabenenya merupakan produsen tembakau terbesar kelima di dunia. Saat ini, industri hasil tembakau Indonesia menjadi tumpuan bagi lebih dari 6 juta orang.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.