bungkus rokok

Priyanto Sunarto, Seniman Kolektor Bungkus Rokok

Tak banyak pameran yang menampilkan koleksi bungkus-bungkus rokok lawas. Jumlahnya bahkan mungkin bisa dihitung jari. Nah, dari sedikit jumlah yang minim itu, Pameran “Pri S: Sepilihan Karya dan Arsip”.

bungkus-rokok

Adalah Priyanto Sunarto, seorang seniman yang karya-karyanya dipamerkan dalam pameran ini.

pameran

Priyanto Sunarto adalah sosok yang ikut membawa cetak saring diakui sebagai salah satu teknik seni grafis dan eksponen Gerakan Seni Rupa baru. Ia memiliki banyak sisi menarik. Tidak hanya perihal karya, tetapi juga pemikiran dan gagasannya. Ia pernah menjabat sebagai pengajar di Institut Kesenian Jakarta dan ITB. Selain itu, Priyanto juga pernah menjadi kartunis Tempo.

Bambang Bujono, karib Priyanto di Tempo sempat bercerita dalam diskusi pameran Pri S: Sepilihan Karya dan Arsip yang sengaja digelar untuk mengenang seniman Priyanto Sunarto. Menurutnya, karya Priyanto kadang nyelekit ketika menyindir pemerintah tentang mantan Presiden RI Megawati sehingga gambarnya nggak dimuat. Alasannya, semua orang yang bekerja di Tempo akan terancam kehilangan pekerjaan.

koleksi bungkus rokok

rokok

Pameran tersebut, pengunjung mendapatkan kesempatan mengikuti jejak karja Priyanto, dari karikatur-karikatur yang dibuatnya hingga aneka logo yang dibuat oleh Priyanto. Menariknya, koleksi pribadi berupa bungkus rokok yang dikumpulkan Priyanto juga dihadirkan di pameran ini.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.