Bungkus Rokok

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH KOTAK BUNGKUS ROKOK

Gambar menyeramkan di bungkus rokok memang kadang menyebalkan. Walaupun bagi sebagian orang merokok akhirnya dianggap lelucon.

Lha, iya, wong gambarnya yang ditampilkan hanya untuk menakutin-nakutin. Bahkan terlihat hanya gombal semata. Satu gambar bahkan diambil dari Thailand, sedang gambar lainnya terlihat tidak sesuai dengan kenyataan, lalu gambar seorang bapak sedang mengendong balita tentu tidak bisa menjadi tolok ukur bahwa semua perokok tidak beradab.

rokok

Rokok

Namun, bila Anda masih terganggu dengan peringatan di bungkus rokok lalu mencari penganti bungkus lain. Tidak ada salahnya. Namun beberapa hal berikut mesti diperhatikan:

1. Bahan Bungkus Rokok Pengganti

Rokok mempunyai citasara tertentu. Bahkan rokok dari pabrikan yang berbeda, atau bahkan merek yang tidak sama, mempunyai ciri khas masing-masing. Karena itu bungkus rokok sengaja didesain untuk menjaga citarasa itu. Ada tiga lapisan di bungkus rokok yang melindungi citarasa, yakni gerenjeng, bungkus karton, serta plastik.

Hal ini ditujukan rokok yang beredar di pasaran bisa terjamin citarasanya. Tidak basah karena lembab dan lain sebagainya. Jadi bila anda memilih bungkus rokok pengganti usahakan yang mampu memenuhi unsur-unsur dari kemasan rokok.

Bungkus Rokok

Bungkus Rokok

2. Jangka Waktu Penyimpanan

Anda akan kesulitan untuk menyimpan rokok dalam jangka waktu lama di bungkus rokok pengganti, sebab rokok termasuk dalam kategori barang konsumsi yang memiliki jangka waktu tertentu untuk layak dikonsumsi. Di sini bisa Anda perhatikan di bagian bawah bungkus rokok tertera tanggal produksi.

Dalam jangka waktu tertentu perusahaan rokok akan memperiksa rokok yang beredar di pasaran serta menarik rokok yang telah lewat jangka waktunya. Kalau telah lewat tenggat, barangkali tidak sampai membuat keracunan melainkan hanya terjadi perubahan citarasa.

Foto oleh : Eko Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.