Bungkus Rokok

SARTIKA KREASINDO, KERAJINAN HIASAN RUMAH DARI BUNGKUS ROKOK

Hiasan rumah dari bungkus rokok Sartika Kreasindo bermula dari ketidaksengajaan. Ketika itu pada 2011, Bu Lidia menghadisi reuni SMA-nya di Banten, dan ada seorang temannya yang memamerkan kemapuan seni melipat bungkus rokok. Dari sana Bu Lidia belajar singkat keahlian membuat hiasan dari bungkus rokok.

Rokok

Rokok

Berkat kursus singkat itu, Bu Lidia bersama suaminya Pak Enang berhasil mengembangkan usaha membuat aneka hiasan lain dari bungkus rokok. Mereka berdua mulanya mencari teknik untuk menyatukan hasil lipatan dari bungkus rokok agar kuat dan kokoh. Teknik tersebut berhasil ditemukan setelah 2 bulan ujicoba.

Bungkus Rokok

Bungkus Rokok

Setelahnya, pada 2012 mereka berdua baru berani membuat keahlian membuat aneka kerajinan dari bungkus rokok sebagai usaha. Keberanian tersebut muncul setelah produk yang mereka hasilkan diikutkan dalam pameran di Sukabumi. Di pameran tersebut karyanya mendapat apresiasi.

hiasan dari bungkus rokok

hiasan dari bungkus rokok

Berkat usaha kreatifnya mengkreasi ulang bungkus rokok tersebut, Sartika Kreasindo mendapat apresiasi dari pabrik rokok PT Djarum Kudus. Perusahaan rokok dalam negeri tersebut memberikan bantuan pengembangan usaha berupa bahan baku seperti bungkus rokok akan dibantu untuk dipenuhi. Selain itu, bagi Sartika Kreasindo dibangunkan sebuah workshop sederhana seluas 3 x 3 meter persegi.

Foto oleh : Eko Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.